Sabtu, 15 Oktober 2016

[RESENSI] NOVEL MATAHARI KARYA TERE LIYE

Oleh : Siti Tiara


Data Buku
Judul Novel      : Matahari
Penulis             : Tere Liye
Penerbit           : (PT Gramedia Pustaka Utama)
Tebal Buku      : 400 Halaman ; 20 cm
Tahun Terbit    : 2016    
Kota Terbit      : Jakarta

SINOPSIS NOVEL MATAHARI
“ Namanya Ali, 15 tahun, kelas sepuluh. Jika saja orangtuanya mengizinkan, seharusnya dia sudah duduk di tingkat akhir ilmu fisika program doktor di universitas ternama. Ali tidak menyukai sekolahnya, guru-gurunya, teman-teman sekelasnya. Semua membosankan baginya.
Tapi sejak dia mengetahui ada yang aneh pada diriku dan Seli, teman sekelasnya, hidupnya yang membosankan berubah seru. Aku bisa menghilang, dan Seli bisa mengeluarkan petir.
Ali sendiri punya rahasia kecil. Dia bisa berubah menjadi beruang raksasa. Kami bertiga kemudian bertualang ke tempat-tempat menakjubkan.
Namanya Ali. Dia tahu sejak dulu dunia ini tidak sesederhana yang dilihat orang. Dan di atas segalanya, dia akhirnya tahu persahabatan adalah hal yang paling utama.

Alhamdulilaaahhh....
Akhirnya selesai juga baca ini Novel yang Super kereeen Abisss!!!
Ga akan nyesel deah kalo setelah baca Novel ini..hehe (Lebay dikit ga apa-apa kali) karna ini Novel seriyusan Seruuu bangettt.
Yuuuk Simak dan baca Resensi Novel nyaaa!!! ^_^

Buku MATAHARI ini merupakan buku ketiga dari serial “BUMI”. Dalam buku ini kembali menceritakan petualangan Raib dan kedua sahabatnya, Seli, dan Ali. Jika sebelumnya di Novel Bumi, mereka melakukan perjalanan di klan Bulan. Dan di Novel Bulan, mereka tengan ‘berlibur’ di klan Matahari. Maka di Novel Matahari ini, mereka bertiga di klan Bintang, klan yang dianggap hanya legenda, tapi ditangan si genius Ali mereka bertiga bisa menemukan posisi klan terjauh itu.

Mereka pergi ke klan Bintang menggunakan kapsul perak bernama “ILY” buatan Ali melalui lorong-lorong kuno, bertualang menuju klan Bintang dengan harapan bisa belajar dan menemukan banyak hal. Tetapi mereka tidak menggunakan buku kehidupan milik Raib, karena diawal cerita AV dan Miss selena melarangnya untuk membuka portal menggunakan buku kehidupan.

Dipintu lorong kuno mereka sudah disambut dengan ‘penjaga’ yang akhirnya berhasil mereka kalahkan dengan susah payah. Belum lagi dipos terluar klan Bintang, juga dipadang kristal. Ketika dipadang kristal, ketika mereka sedang bertarung mereka ditolong oleh empat orang asing yang pada akhirnya membawa mereka munuju klan Bintang dan bertemu dengan Faar (FAARAZARAAF), keturunan klan bulan yang tinggal di klan Bintang.

Awalnya mereka pikir petualangan ini akan semenyenangkan apa yang dipikirkan. Namun setelah bertemu dengan Faar, Kaar, Laar, Meer, Sang Hantu, Sang penemu, dan Sekretaris Dewan Kota. Agak aneh memang nama-namanya, tapi mungkin memang sengaja agar kerasa feel klan Bintangnya. Hehe

Mereka tahu jika klan Bintang tidak sedamai dan seindah apa yang terlihat, dengan teknologinya yang super canggih. Semakin lama mereka semakin tahu apa yang terjadi pada klan ini, apa yang mengatur mereka, dan apa yang mereka rencanakan untuk masa depan.

 ***

Matahari dibuka dengan Ali yang tiba-tiba berubah menjadi sosok idola baru disekolah, menjadi pemain basket andalan, sampai-sampai tim basket sekolah yang tahun-tahun sebelumnya hanya mampu masuk penyisihan tahun ini masuk final karena ada Ali!
Entah bagaimana caranya, ALI aliyas si Biang kerok, tukang cari ribut, yang pakainya selalu kusut, rambut berantakan, sering diusir guru dari kelas kerena tidak mengerjakan PR, bertengkar, tidak punya teman (kecuali Raib dan Seli), seminggu terakhir mendadak menjadi murid populer di sekolahan. tidak tahu apa yang membuatnya berubah sederastis itu. Penasaran kaan!!! 

Meskipun begitu, Ali tetap Ali yang rasa ingin tahunya kuat. Memang sih anak-anak genius itu serupa, rasa ingin tahunya diatas rata-rata, tidak puas dengan apa yang sudah dicapai. Dan Ali pun disini membuat kapsulnya sendiri yang diberi nama “ILY”, yang bisa terbang, yang bisa mengeluarkan listrik, yang bisa menghilang. Dengan mempelajari buku-buku dari klan Bulan dan klan Matahari pemberian AV. Tetapi menggabungkan teknologi dari kedua klan adalah sesuatu yang luar biasa. Setelah ILY tewas dalam pertempuran di klan Matahari, Ali seolah menghidupkan kembali ILY dengan versi yang lebih canggih. So sweet dan Bikin Baper kaaan !!! 

“Kenapa kamu memberinya nama ILY?” Seli bertanya saat kami sudah ada di besement.
“Satu, untuk mengenangnya....” Ali diam sejenak, mengusap rambut berantakannya. “Dua, Kapsul perak ini dibuat agar sama bisa diandalkannya seperti Ily, teman yang setia. Kapsul perak ini juga petarung yang hebat, bisa membela kita dari posisi sulit, seperti yang dilakukan Ily. Tetapi hanya satu yang tidak dimilikinya seperti Ily...”
Ali terdiam sejenak.
Aku dan Seli menatap Ali. Kami menunggu penjelasan selanjutnya.
Ali nyengir lebar. “kapsul ini tidak secerewet Ily. Dia tidak akan menyuruh kita bergegas, meneriaki kita agar semangat, atau galak membangunkan kita saat masih lelap, melarang ini, melarang itu. kapsul ini lebih pendiam. Tapi diatas semua itu, aku memutuskan memberikan nama ILY karna itu adalah nama seseorang yang telah mengorbankan hidupnya demi kita semua. ILY,  namanya, akan terus menemani kita bertualang.” (Hal. 65) Sedih kaaan!!!

Sebenarnya di Novel ketiga ini saya bener-bener geregetan pada Ali. Dimulai ketika ia berubah menjadi pemain basket andalan yang menurut saya super keren. Tapi sosoknya keras kepala. Jika tidak didesak terus menerus oleh Ali mungkin mereka bertiga tidak akan bertualang ke klan Bintang. Dan Banyak kata-kata motivasi dari Ali yang ditunjukan untuk Raib dan Seli, tapi itu juga sepertinya berlaku untuk saya sendiri. Seperti kata-kata ini yang paling saya sukai :

“Hidup ini adalah petualangan, Semua orang memiliki petualangannya masing-masing, maka jadilah seorang petualang yang melakukan hal terbaik.” (hal. 362)

Raib yang merupakan pewaris murni dari klan Bulan semakin lama semakin tangguh. Kekuatannya berkembang pesat. Ali yang berasal dari klan Bumi seperti biasa, kekuatannya muncul jika sudah terdesak dan mengamuk. Dia bisa berubah menjadi beruang raksasa. Dan Seli datang dari klan Matahari, sudah bisa menggunakan petir biru dan mengasah kekuatan kinetiknya lagi. Seli yang terlihat lebih lemah dari Raib, tapi jika sudah mengamuk marah dan sampai berteriak kekuatannya melebihi kekuatan Raib. Tapi di Novel ini Seli agak penakut. Tapi saya maklum karna kalo saya diposisi Raib, Seli, dan Ali tidak akan berani keluar dari kapsul karna sebelumnya mereka menghadapi ratusan ular raksasa. Dan bahkan bukan hanya ular raksasa saja yang mereka hadapi masih banyak hal-hal yang mengerikan lainnya. Baca ajah Novelnyaaa kalo ingin tahu apa ajah hal-hal yang mengerikan lainnya itu!!! Hehehe  

***

Novel Tere Liye memang selalu mengesankan. Ide ceritanya luar biasa. Simple tapi menarik. Saya suka gaya penulisan Tere liye di semua bukunya. Apa yang kita baca terasa ringan tapi dalam. Setiap kata-katanya juga selalu membuat saya penasaran. Sebuah petualangan di klan Bintang. Yang lebih menarik adalah setting waktu dan tempatnya. Bener-bener terbayang meski hanya membaca ceritanya. 

Masalah (typo) kesalahan penulisan tokoh untuk Faar, Kaar, dan Laar di buku ini agak banyak. Dan itu adalah masalah utama saya. Beberapa kali saya tersendat ketika menemukan kesalahan. Tapi karena petualangan ketiga sahabat ini terlalu seru dari pada kesalahan tulisan, akhirnya tanpa pikir panjang saya lanjutkaan bacanya! 

Buku ini saya rekomendasikan untuk pecinta fantasi dan pencinta buku karya dalam negeri. Tapi bagi saya buku ini layak dibaca oleh siapa pun apalagi untuk para remaja wajib baca buku ini agar lebih semangat dalam berpetualang.

Kalo sudah membaca sedikit saja Novel ini dijamin bakal keterusan penasaran. Dan pastinya bakal penasaran juga dengan serial Novel lainnya. seperti saya yang sudah tidak sabar menunggu novel selanjutnya, BINTANG!



Tidak ada komentar:

Posting Komentar