Selasa, 30 Agustus 2016

OLEH SEBAB APAKAH ANDA DICINTAI?

Para generasi salaf dan orang-orang bijak memberikan nasihat kepada pemuda, diantaranya :

* Jika ia mencintai Anda karena harta yang Anda miliki, maka ia akan meninggalkan anda ketika harta telah ia dapatkan atau anda ditimpa kebangkrutan.

* Jika ia mencintai Anda karena kecantikan atau ketampanan yang Anda miliki, maka ia akan mencari pengganti lain ketika kecantikan dan ketampanan Anda semakin memudar.

* Jika ia mencintai Anda karena kedudukan yang Anda tempati saat ini, maka ia akan pergi menjauh ketika kedudukan Anda tidak lagi dimasa kejayaan.

* Jika ia mencintai Anda karena kecerdasan akal dan keceriaan Anda selama ini, maka suatu saat ia akan meninggalkan Anda ketika ia melihat Anda murung dan didera masalah.

* Jika Anda dicintai karena keserasian tubuh Anda yang dianggap ideal baginya, maka suatu saat ia akan berpindah ke tubuh lain saat Anda mulai menua dan rapuh.

* Jika Anda dicintai karena kehangatan perhatian yang Anda berikan padanya, maka suatu saat Anda akan ditinggalkan ketika Anda dilanda kesibukan.

* Jika Anda dicintai hanya karena kebetulan ia jatuh cinta kepada Anda, maka hampir pasti ia akan segera menjauhi Anda saat dirinya menyadari kriteria jodoh yang ia dambakan selama ini.


Maka, janganlah menjadi orang yang dicintai bukan karena Allah dan ingin menegakkan sunnah rasul-Nya. Cinta yang bukan karena Allah menyebabkan seseorang tidak merasa berdosa ketika berkhianat. Jika cinta itu bukan karena Allah, maka itu adalah karena setan dan setan itu adalah musuh yang paling nyata bagi manusia.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar