Selasa, 30 Agustus 2016

PENGERTIAN IQ DAN EQ

IQ adalah intelectual Quotient

Kecerdasan intelektual (IQ) adalah ukuran kemampuan intelektual, analisis, logika, dan rasio seseorang. IQ merupakan kecerdasan otak untuk menerima, menyimpan, dan mengolah informasi menjadi fakta.

EQ adalah Emotional Intelligent
Kecerdasan Emosional (EQ) adalah kemampuan mengenali perasaan sendiri dan perasaan orang lain. Kemampuan memotivasi diri sendiri, serta kemampuan mengolah emosi dengan baik pada diri sendiri dan orang lain.

Pengertian lebih jelas dan ringkasnya mengenai IQ dan EQ

Tingkat kecerdasan seseorang yang diukur memakai derajat kecerdasan intelektual, bisa dites IQ, pokoknya kecerdasan yang menyangkut aspek-aspek nyata manusia. Misalnya, dalam menerima dan menangkap pelajaran.
Intinya, kebanyakan orang yang IQ nya tinggi pasti bisa dibilang pinterlah dan kecerdasan rasional.

Sedangkan kecerdasan emosional, yang udah diakui lebih penting dari pada IQ karena kecerdasan emosional mengambil aspek-aspek tidak nyata dari kecerdasan manusia.
Akan tetapi, EQ itu lebih penting dari pada IQ. Karena EQ memberikan gambaran tentang sikap manusia akan dirinya yang sudah pasti punya emosi. Emosi inilah yang memegang peranan penting bagi manusia karena emosi kalau bisa dikendalikan akan sangat membantu manusia, kalau tidak bisa mengendalikan emosi bisa bahaya. Karena 
“EMOSI ITU ENGGAK BISA DITOLAK, CUMAN BISA DIKENDALIKAN MAKA DARI ITU KITA PERLU PUNYA (EQ) JUGA, BUKAN HANYA (IQ).” :-)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar